Musibah; Teguran atau Ujian?

Kalian pernah gak, suatu waktu dapet musibah dan bertanya ke diri sendiri: Apa yang baru saja dilakukan atau kenapa sih Allah ngasih musibah ini? 


Saya ingin berbagi sedikit cerita hari ini, yang semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. Siang ini, saya sudah janji dengan seorang teman ingin mengantar dia membeli baju dan sepatu di daerah Bekasi. Ketika mau jalan, saya ingat kalau saya tidak ada uang cash sama sekali, dan tahu kalau bensin di motor hanya satu setrip. Niatnya, saya ingin meminjam cash ke adik, biar ketika di SPBU langsung isi bensin. Tapi, saya urungkan, karena pasti tidak mau diganti. Akhirnya, saya memilih untuk repot ke ATM dulu, baru mengisi bensin. 


Sesampai di spbu, dengan yakin saya memencet pin di tombol mesin ATM. Lalu, memencet jumlah yang ingin saya tarik. Tapi, notif yang keluar pin salah. Saya bingung, kok bisa salah? Akhirnya, saya mencoba lagi pin yang biasanya memang saya gunakan atau saya jadikan alternatif. Salah lagi. Lalu, saya lupa kalau 3x salah, ATM akan keblokir. 

Akhirnya, saya bingung. Karena saya bukan pengguna cashless, tidak ada Mbanking. Ada dompet digital pun biasanya untuk pos lain. Dan seingat saya, di SPBU hanya bisa pakai debit card atau linkaja. Akhirnya, saya sempat beberapa kali diskusi dengan teman yang ingin saya antarkan ini kalau saya gabisa isi bensin. Kalau misalnya, merepotkan orang lain saya juga gamau. 

Lalu, saya ingat waktu Senin kemarin saya menghitung kilometer jumlah bensin di motor ini. Satu setrip bisa 3-4 kilometer, itupun kalau tidak macet. Biasanya, untuk ke daerah sana saya akan menghadapi macet. 


Tapi, karena waktu berjalan. Akhirnya, saya memutuskan untuk jalan dan bismillah Allah sampaikan dan mudahkan tanpa macet. Saya pikir, insyaallah Allah mudahin karena niat saya kesana mau anter temen saya. Kalo enggak jadi, kasian dia gapunya sepatu wkwwk. 


Baru satu menit jalan, qodarullah hujan turun deras. MasyaAllah. Akhirnya, saya meneduh. Saya bilang lagi sama Allah, "yaallah, kalo Allah ridho saya ngelakuin kebaikan, tolong mudahin ya". Lalu, hujannya berhenti, benar-benar cuma 5 menit. Akhirnya, saya jalan lagi. 

Sampai di Kramat jati, ternyata lumayan macet. Saya pasrah kalau ternyata macet panjang, karena bensinnya gaakan sampai. Akhirnya saya zikir, meminta kuasanya Allah. Siapa tahu bensinnya Allah penuhkan sendiri. 

Ketika mau sampai ke rumah temen saya, sekitar 1 kilometer lagi. Ternyata, hujan deras lagi. Akhirnya, saya melipir dan memakai jas hujan kali ini. Dan berdoa, semoga kaos kaki saya gak basah, karena itu sangat mengganggu.  Biasanya, saya membawa kaos kaki cadangan kalau musim hujan.

 Sesampainya di rumah temen saya, saya numpang solat asar, menghubungi cs bank.  Lalu, bilang ke temen saya "Kayanya, gue lagi ditegur, deh sama Allah. Gue tuh pas mau berangkat, udah niat banget masang headset mau dengerin lagu dari Spotify. Udah niat mau dengerin lagu abis isi bensin.  Malah, sampe rumah lu ini headset akhirnya nempel doang sampe sakit di kuping tapi gue gajadi dengerin lagu" Cerita saya sambil tertawa miris, karena saya sudah jarang mendengar lagi ketika mengendarai motor. Sudah jarang sekali mendengarkan lagu dengan sengaja dalam kondisi apapun. 

Kadang, cara Allah menegur, meluruskan, dan menjaga keimanan kita selalu dengan cara-cara halus. Kita sebagai hambanya harus peka, kalau Allah tidak mau diduakan. Allah Maha Pencemburu. 

Semoga Allah terus menggetarkan hati-hati kita dengan ayat-ayatNya. Semoga, 





Comments